Untitled Document
Anda Berada di: BERANDA BERITA Berita Keg_Itjen PENGUKURAN BUDAYA ORGANISASI

PENGUKURAN BUDAYA ORGANISASI

E-mail Cetak

Saat ini, budaya korporasi/organisasi dianggap penting, namun dalam prakteknya masih belum menjadi prioritas. Padahal secara de facto, budaya korporasi/organisasi mempunyai dampak langsung terhadap kinerja. Budaya korporasi/organisasi dibangun melalui penyatuan karakter orang-orang di dalamnya yang disatukan oleh empat hal yaitu kesatuan Visi, kesatuan Misi, kesatuan Nilai dan kesatuan Makna. Jika semua karyawan memiliki visi, misi, nilai dan makna yang sama dalam bekerja maka kinerjanya akan luar biasa. Korporasi/organisasi akan mengalami lompatan yang besar karena semua potensi yang ada terfokus pada tujuan yang sama, memiliki alasan yang sama untuk mencapai tujuan tersebut, memiliki pedoman perilaku yang sama tentang hal yang boleh dilakukan ataupun tidak boleh dilakukan.

Korporasi/organisasi tidak cukup hanya mengandalkan potensi intelektual, tapi juga emosional dan spiritual. Sehingga segala sesuatunya tidak hanya bersifat transaksional dan diukur berdasarkan materi. Organisasi harus memanfaatkan potensi emosional seperti semangat juang, kegigihan, dan kemampuan yang diperlukan untuk beradaptasi dan tentu saja juga harus memanfaatkan potensi spiritual sehingga apapun yang dilakukan oleh setiap orang di dalam organisasi tersebut memberikan makna serta menciptakaan perubahan lingkungan kerja menjadi sebuah tempat untuk mengabdi dan memberi kontribusi secara tulus.

ACT Consulting menjadi partner Itjen KKP dalam memberikan pendampingan dalam transformasi budaya organisasi dengan menawarkan solusi yang terintegrasi mulai dari formulasi Mission-Vision-Values- Meaning (MVVM), penyusunan panduan perilaku, internalisasi MVVM, pembentukan karakter para pimpinan, pengukuran budaya organisasi maupun perilaku individu hingga penyusunan dan implementasi agenda transformasi budaya perusahaan.

Untuk mengetahui tingkat kesehatan budaya yang ada (entropy budaya)  serta penyelarasan nilai-nilai Itjen,  pada tanggal 29 – 31 Mei 2012 telah melaksanakan kegiatan pengukuran budaya organisasi maupun perilaku individu”  melalui Culture Value Assessment (CVA) yang diikuti oleh seluruh Pejabat serta Pegawai di lingkup Itjen KKP.

Melalui CVA tersebut akan diperoleh kesimpulan mengenai kondisi budaya kerja yang ada di Itjen KKP saat ini (current culture), mengetahui harapan seluruh karyawan Itjen KKP terhadap hasil transformasi budaya kerja (desired culture), mengidentifikasi potensi peningkatan budaya kerja di Itjen KKP (area for development) atau tingkat kesehatan budaya (entropy budaya), dan mengidentifikasi hal-hal yang saat ini menghambat terbentuknya budaya berkinerja tinggi di Itjen KKP atau faktor yang dapat melemahkan budaya (potentially limiting values), area atau bagian dari Itjen yang perlu menjadi perhatian (cultural demographic report), dan sejauhmana internalisasi dan implementasi corporate values dari Itjen (espoused values analysis) . (sumber: ACT Consulting)

 

Add comment


Security code
Refresh