Untitled Document
Anda Berada di: BERANDA BERITA Berita Keg_Itjen PENCANANGAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN KKP KKP

PENCANANGAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN KKP KKP

E-mail Cetak

Pada hari selasa, 1 Nopember 2011 Menteri KP, Syarif Cicip Sutardjo mencanangankan Sistem Pengendalian Intern KKP  yang bertempat di Ballroom GMB III Jl. Medan Merdeka Timur No. 16 yang dihadiri oleh 257 peserta yang berasal dari pejabat Eselon I, II, III, lingkup KKP, Penasehat Menteri, Forbes APIP, UPT Lingkup KKP, Kepala BPKP, Irjen Kementerian Keuangan, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi, Kementerian Pendayagunaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi,  serta auditor Itjen KKP.

Acara yang dimulai pada pukul 14.00 WIB, diawali dengan laporan penyelenggaraan mengenai pencanangan SPI KKP oleh Irjen KKP, Andha Fauzi Miraza, Kemudian dilanjutkan dengan Keynote Speech dari pembina SPIP, Prof. Mardiasmo dengan topik Implementasi SPIP dalam rangka Peningkatan Kualitas Akuntabilitas dan Manajemen Kinerja Instansi Pemerintah. Dan dilanjutkan kembali dengan Sambutan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. Dalam sambutannya, Syarif Cicip Sutardjo menyampaikan bahwasanya pencanangan SPI adalah sebagai momentum untuk sama-sama berkomitmen dalam mendukung penerapan SPI tersebut di lingkungan KKP.

Sebenarnya apa itu SPIP, SPI adalah proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinanan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan di lingkungan Pemerintah, sedangkan dasar hukum SPIP yaitu : UU. NO. 1 Tahun 2004 , PP No. 60 Tahun 2008, PP No. 8 Tahun 2006.

Berdasar dari PP No 60 KKP mengimplementasikan melalui Permen KP No. PER 20/MEN/2011 tentang penyelenggaraan SPI di lingkungan KKP dan Permen KP No. PER 21/MEN/2011 tentang penerapan manajemen resiko di lingkungan KKP.

Dalam acara pencanangan SPI ini dimeriahkan dengan operet oleh tim Itjen secara apik, yang menceritakan Pancaran Sinar lilin yang selalu dijaga dan tetap menyala menggambarkan implementasi SPI yang diterapkan di KKP, akan dipadamkan oleh tikus-tikus, tetapi dicegah oleh sang kucing yang akhirnya lilin tetap menyala menyinari 10 Eselon I yang berada di KKP.

Operet ini adalah buah karya dari Inspektur I, Ir. Iskandar Jafar, MM

Dalam diskusi panel yang dimoderatori oleh Chantal Della Conceta disampaikan pembahasan oleh tiga nara sumber yaitu:

a.   Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) sesuai PP 60 Tahun 2008 dalam Perspektif Penerapan oleh DR. Binsar H. Simajuntak (Deputy Kepala BPKP);

b.  Kiat Penerapan SPIP dalam Penguatan Pengawasan sebagai Pilar Reformasi Birokrasi oleh Sonny Loho (Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan).

c.   Penerapan Manajemen Risiko dalam Peningkatan Akuntabilitas dan Kinerja BUMN – Best Practice-Experience Sharing PT. Telekomunikasi Indonesia oleh Ikhsan (OVP Risk Management PT Telkom)

 

 

 

Add comment


Security code
Refresh