Untitled Document
Anda Berada di: BERANDA PROFIL TUGAS DAN FUNGSI

TUGAS DAN FUNGSI ITJEN KKP

E-mail Cetak PDF

Inspektorat Jenderal mempunyai tugas melaksanakan pengawasan terhadap semua unsur di lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan

 

Inspektorat Jenderal menyelenggarakan fungsi:

a. Penyiapan perumusan kebijakan pengawasan internal

b. Pelaksanaan pengawasan internal sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku

c. Menyampaikan laporan, evaluasi, pertimbangan dan/atau saran hasil pengawasan kepada Menteri

d. Penyusunan laporan hasil hasil pengawasan

e. Pelaksanaan urusan administrasi Itjen

 

Inspektorat Jenderal terdiri dari:

a. Sekretariat Inspektorat Jenderal

b. Inspektorat I

c. Inspektorat II

d. Inspektorat III

e. Inspektorat IV

f.   Inspektorat V

 

Sekretariat Inspektorat mempunyai tugas memberikan pelayanan teknis administratif kepada semua unsur di lingkungan Itjen

 

Sekretariat Inspektorat menyelenggarakan fungsi:

a. Perumusan kebijakan, rencana, program kerja, dan anggaran pengawasan, serta koordinasi pengawasan adminstrasi dan pelaporan penugasan pengawasan

b.  Pelaksanaan urusan kepegawaian dan pengembanan jabatan fungsional

c. Pelaksanaan penataan organisasi dan tata laksana pengawasan serta serta penyiapan informasi dan kajian hukum yang berkaitan dengan kegiatan pengawasan

d. Analisis dan evaluasi, pemantauan, dan penilaian penyelesaian tindak lanjut, serta pelaporan hasil pengawasan

e. Pelaksanaan urusan ketatausahaan, keuangan, perlengkapan, dan kerumahtanggaan, serta penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan pengawasan

 

Sekretariat Inspektorat Jenderal terdiri dari:

a. Bagian Program

b. Bagian Kepegawaian dan Hukum

c. Bagian Keuangan dan Umum

d. Bagian Analisis dan Tindak lanjut

e. Kelompok Jabatan Fungsional bukan Auditor

 

Inspektorat I mempunyai tugas melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan kebijakan dan peraturan perundang-undangan serta administrasi di lingkungan Sekretariat Jenderal dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan serta seluruh Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Sekretariat Jenderal dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan

 

Inspektorat I menyelenggarakan fungsi:

a. Penyiapan bahan kebijakan, rencana, dan program pengawasan internal di lingkungan Sekretariat Jenderal dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan serta seluruh Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Sekretariat Jenderal dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan.

b. Pelaksanaan audit kinerja di lingkungan Sekretariat Jenderal dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan serta seluruh Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Sekretariat Jenderal dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan.

c. Pelaksanaan riviu laporan keuangan, pemantauan dan evaluasi program kerja/kegiatan di lingkungan Sekretariat Jenderal dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan serta seluruh Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Sekretariat Jenderal dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan.

d. Pelaksanaan bimbingan dan konsultansi di bidang pengawasan di lingkungan Sekretariat Jenderal dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan serta seluruh Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Sekretariat Jenderal dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan.

e. Pelaksanaan urusan administrasi dan tata usaha Inspektorat I.

 

Inspektorat II mempunyai tugas melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan kebijakan dan peraturan perundang-undangan serta administrasi di lingkungan Ditjen Perikanan Tangkap dan Ditjen Pengawasan dan Pengendalian Sumber Daya Kelautan dan Perikanan serta seluruh Unit Pelaksana Teknis lingkup Ditjen Perikanan Tangkap dan Ditjen Pengawasan dan Pengendalian Sumber Daya Kelautan dan Perikanan

 

Inspektorat II menyelenggarakan fungsi:

a. Penyiapan bahan kebijakan, rencana, dan program pengawasan internal di lingkungan Ditjen Perikanan Tangkap dan Ditjen Pengawasan dan Pengendalian Sumber Daya Kelautan dan Perikanan serta seluruh Unit Pelaksana Teknis lingkup Ditjen Perikanan Tangkap dan Ditjen Pengawasan dan Pengendalian Sumber Daya Kelautan dan Perikanan.

b. Pelaksanaan audit kinerja di lingkungan Ditjen Perikanan Tangkap dan Ditjen Pengawasan dan Pengendalian Sumber Daya Kelautan dan Perikanan serta seluruh Unit Pelaksana Teknis lingkup Ditjen Perikanan Tangkap dan Ditjen Pengawasan dan Pengendalian Sumber Daya Kelautan dan Perikanan.

c. Pelaksanaan riviu laporan keuangan, pemantauan dan evaluasi program kerja/kegiatan di lingkungan Ditjen Perikanan Tangkap dan Ditjen Pengawasan dan Pengendalian Sumber Daya Kelautan dan Perikanan serta seluruh Unit Pelaksana Teknis lingkup Ditjen Perikanan Tangkap dan Ditjen Pengawasan dan Pengendalian Sumber Daya Kelautan dan Perikanan.

d. Pelaksanaan bimbingan dan konsultansi di bidang pengawasan di lingkungan Ditjen Perikanan Tangkap dan Ditjen Pengawasan dan Pengendalian Sumber Daya Kelautan dan Perikanan serta seluruh Unit Pelaksana Teknis lingkup Ditjen Perikanan Tangkap dan Ditjen Pengawasan dan Pengendalian Sumber Daya Kelautan dan Perikanan.

e. Pelaksanaan urusan administrasi dan tata usaha Inspektorat II.

 

Inspektorat III mempunyai tugas melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan kebijakan dan peraturan perundang-undangan serta administrasi di lingkungan Ditjen Perikanan Budidaya dan Ditjen Kelautan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil serta seluruh Unit Pelaksana Teknis lingkup Ditjen Perikanan Budidaya dan Ditjen Kelautan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil

 

Inspektorat III menyelenggarakan fungsi:

a. Penyiapan bahan kebijakan, rencana, dan program pengawasan internal di lingkungan Ditjen Perikanan Budidaya dan Ditjen Kelautan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil serta seluruh Unit Pelaksana Teknis lingkup Ditjen Perikanan Budidaya dan Ditjen Kelautan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil.

b. Pelaksanaan audit kinerja di lingkungan Ditjen Perikanan Budidaya dan Ditjen Kelautan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil serta seluruh Unit Pelaksana Teknis lingkup Ditjen Perikanan Budidaya dan Ditjen Kelautan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil.

c. Pelaksanaan riviu laporan keuangan, pemantauan dan evaluasi program kerja/kegiatan di lingkungan Ditjen Perikanan Budidaya dan Ditjen Kelautan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil serta seluruh Unit Pelaksana Teknis lingkup Ditjen Perikanan Budidaya dan Ditjen Kelautan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil.

d. Pelaksanaan bimbingan dan konsultansi di bidang pengawasan di lingkungan Ditjen Perikanan Budidaya dan Ditjen Kelautan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil serta seluruh Unit Pelaksana Teknis lingkup Ditjen Perikanan Budidaya dan Ditjen Kelautan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil.

e. Pelaksanaan urusan administrasi dan tata usaha Inspektorat III.

 

Inspektorat IV mempunyai tugas melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan kebijakan dan peraturan perundang-undangan serta administrasi di lingkungan Ditjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan dan Badan Riset Kelautan dan Perikanan serta seluruh Unit Pelaksana Teknis lingkup Ditjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan dan Badan Riset Kelautan dan Perikanan

 

Inspektorat III menyelenggarakan fungsi:

a. Penyiapan bahan kebijakan, rencana, dan program pengawasan internal di lingkungan Ditjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan dan Badan Riset Kelautan dan Perikanan serta seluruh Unit Pelaksana Teknis lingkup Ditjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan dan Badan Riset Kelautan dan Perikanan.

b. Pelaksanaan audit kinerja di lingkungan Ditjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan dan Badan Riset Kelautan dan Perikanan serta seluruh Unit Pelaksana Teknis lingkup Ditjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan dan Badan Riset Kelautan dan Perikanan.

c. Pelaksanaan riviu laporan keuangan, pemantauan dan evaluasi program kerja/kegiatan di lingkungan Ditjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan dan Badan Riset Kelautan dan Perikanan serta seluruh Unit Pelaksana Teknis lingkup Ditjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan dan Badan Riset Kelautan dan Perikanan.

d. Pelaksanaan bimbingan dan konsultansi di bidang pengawasan di lingkungan Ditjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan dan Badan Riset Kelautan dan Perikanan serta seluruh Unit Pelaksana Teknis lingkup Ditjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan dan Badan Riset Kelautan dan Perikanan.

e. Pelaksanaan urusan administrasi dan tata usaha Inspektorat IV.

 

Inspektorat V mempunyai tugas melaksanakan perumusan kebijakan pengawasan dan pelaksanaan pengawasan untuk tujuan tertentu atas petunjuk Menteri serta pengawasan terhadap pelaksanaan kebijakan dan peraturan perundang-undangan serta adinistrasi di lingkungan Inspektorat Jenderal

 

Inspektorat V menyelenggarakan fungsi:

a. Penyiapan bahan kebijakan, rencana, dan program pengawasan internal dengan tujuan tertentu dan pengawasan terkait dengan tugas dan fungsi di lingkungan Inspektorat Jenderal.

b. Pelaksanaan pemeriksaan Investigasi dan pengusutan terhadap pengaduan masyarakat.

c. Pelaksanaan pemeriksaan terhadap penyelenggaraan sistem pengendalian intern pemerintah.

d. Pelaksanaan pemeriksaan terhadap hal-hal lain dibidang keuangan.

e. Pelaksanaan pemeriksaan sanggahan terhadap laporan hasil audit.

f.  Pelaksanaan pemeriksaan lainnya atas perintah Menteri.

g. Koordinasi pelaksanaan pemeriksaan kinerja di lingkungan Inspektorat Jenderal.

h. Pelaksanaan monitoring, evaluasi, dan asistensi di bidang pengawasan.

i.  Pelaksanaan urusan administrasi dan tata usaha Inspektorat V.